Rabu, 03 September 2008

Definisi Blog

Banyak sebenarnya definisi blog. Silahkan baca di blog Enda Nasution yang ditasbihkan Detikcom sebagai bapak blog Indonesia. Atau baca saja di Wikipedia Indonesia. Saya kutipkan sedikit di sini: “Sebuah Weblog, Web log atau singkatnya Blog, adalah sebuah aplikasi web yang memuat secara periodik tulisan-tulisan (posting) pada sebuah webpage umum. Posting-posting tersebut seringkali dimuat dalam urutan posting secara terbalik, meskipun tidak selamanya demikian. Situs web semacam itu biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut”.



Menurut Nukman Luthfie, blog adalah sebuah buku harian yang ditulis dan dipublikasikan di web, yang bisa dilihat dan dikomentari orang lain, yang bisa disusun berdasarkan kategori. Karena buku harian, maka sang penulis bisa menulis apapun, dengan gaya ia sendiri, kapan saja ia mau. Karena kebebasan dan kenyamanan penggunaanya, juga karena kemudahan orang lain membaca dan mengomentari tulisan, blog ini menjadi kesukaan banyak orang. Sudah jutaan blog personal lahir hingga kini.






Lantas, apa itu corporate blog? Mahluk ini baru muncul belakangan setelah blog banyak digunakan perorangan. Blog korporat adalah blog yang ditulis, dipublikasikan dan didukung oleh perusahaan/organisasi untuk menggapai tujuan perusahaan. Misalnya, dari sisi komunikasi pemasaran, blog korporat akan memperkuat hubungan dengan target pasar serta memperkuat positioning perusahaan sebagai ahli di bidangnya. Blog yang Anda baca ini secara kategoris bisa dilihat dari sisi ini. Hal yang sama dilakukan oleh Maverick, sebuah konsultan public relations ternama di Indonesia, ketika membangun blog korporat Maverick. Contoh lain dilakukan oleh Virus Communications atau Hermawan Kertajaya.Sebaliknya, secara internal, blog biasanya dimanfaatkan sebagai peranti untuk kolaborasi dan knowledge management. Contohnya adalah blog yang dibuat oleh JAC Indonesia, sebuah perusahaan rekrutmen terbesar di Indonesia untuk pasar Jepang dan Asia.

Tidak ada komentar: