Senin, 27 Oktober 2008

Pengertian Sistem Operasi dan Jenisnya

Seputar sistem Operasi
Sistem operasi adalah sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer. Sebelum ada sistem operasi orang hanya mengunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi manusia, sistem operasi ikut berkembang, sehingga pada saat ini terdapat berbagai sistem operasi dengan keunggulan masing-masing. Untuk lebih memahami sistem operasi maka sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu beberapa konsep dasar mengenai sistem operasi itu sendiri.

Apa itu Sistem Operasi
Pengertian secara umum adalah pengelola seluruh sumberdaya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (sistem calls) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumberdaya sistem komputer.

Selain itu, Sistem Operasi juga merupakan sebuah sistem yang diperlukan untuk menjalankan semua aplikasi program/software yang ada di komputermu, misalnya MS-OFFICE. Sistem Operasi juga dapat disebut sebagai sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer. Sebelum ada sistem operasi, orang hanya menggunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital.

Jenis-jenis Sistem Operasi
DOS, OS/2, Macintosh (Mac OS), UNIX, Digital Research DOS (DR DOS), Microsoft windows (9x, 2000, XP, Vista, dll), Linux, FreeBSD, Sun MicroSystem, Novell Netware, Palm OS, Symbian, dan sebagainya.

Tidak ada komentar: